Memandang Matahari Terbit di Bukit Nganjir, Sumberwatu Sambirejo, Prambanan

Prambanan, 13 Juni 2015

Sabtu pagi biasanya Gowes tapi kali ini mau hunting sunrise..yahh itu karena kemarin sempat dapat cobaan, sepeda rusak akibat jatuh dari tanjakan Muntuk :(, dan belum sempat dibenerin. tp untunglah ridernya tidak mengalami luka serius..hee

seperti biasa harus dadakan, karena klo banyak rencana akhirnya cuma zonk.. 😀

Setengah 5 pagi azan subuh masih ditelinga..#tsaahhh dering hp sudah berbunyi.sms dari kawan “tangi, subuh,gek siap2 15 menit ngkas tak ampiri golek sunrise”. begitu sms nya. masih ngantuk2 bacanya. langsung tak balas dan saya pun segera beranjak…

tujuan semula adalah ke Kebun Buah Mangunan..tp karena sudah terlalu mainstream akhirnya kita alihkan ke bukit Nganjir, Sumberwatu, Prambanan.

Pasti masih pada awam ya dengan bukit ini. ya memang ini bukan tempat wisata..hanya sebuah bukit kecil yg cukup tinggi dan mempunyai spot yang bagus untuk menikmati sunrise. Lokasi tepatnya di sebelah timur restoran Abhayagiri. itu restoran “berkelas” yang terletak dibukit selatan candi Prambanan atau bawah Candi Boko.

untuk mencapai bukit ini butuh waktu sekitar 45 menit.dari tempat saya di kotagede.

Rutenya cari dulu restoran abhayagiri ini.kalo sudah nemu pas per3an dekat sd (depan pintu masuk restoran) ambil jalan cor naik..ketemu per4an ambil kiri..terus ikuti jalan cor sampai mentok. motor dititipkan rumah pak rt 2 yg berada disebelah kanan jalan pas pentokan jalan cor.

kemudian perjalanan dilanjutkan tracking..nah disini kita harus jeli2 lihat jalan..karena memang bukan tempat wisata jadi jalan setapaknya agak rancu. jadi jalan ini kayaknya jalan para warga untuk menuju sawahnya.dan hati2 juga karena harus membelah melewati hutan yg cukup lebat dan agak horor sih..hee

sekitar 15 menit tracking jalan kaki akhirnya sampai dibukit nganjir ini..

DSC_0122

Dan alhamdulillah lumayan cerah Sunrise pagi ini..

DSC_0102

DSC_0096

DSC_0099

Perlahan sang surya mulai menampakan diri

DSC_0089

DSC_0116

Viewnya sungguh istimewa pagi ini. hijaunya sawah dibawah berpadu dengan gagahnya merapi diutara, dan semburat langit merah kebiruan…wuiihhh syahduu tenan 😀

DSC_0120

DSC_0104

DCIM101MEDIA

Nampak jelas juga Candi Prambanan dari bukit ini..

DSC_0117

Setelah cukup menikmati pemandangan dibukit ini.kita lanjutkan menuju gasebo/gardu pandang yang berada disebelah timur. lagi2 kita harus blasakan (semacam blusukan tp lebih ekstrim..hahaha) patokannya menara yg berada di sebelah selatan bukit ini.setelah ketemu menara cari jalan setapak lagi menuju ketimur.

dan akhirnya ketemu juga gardu pandang itu.

DCIM101MEDIA

DSC_0129

View nya masih bagusan dibukit tadi sih..disini ketutup semak2 yang sudah mulai meninggi.

DSC_0135

DSC_0132

Gak tau juga maksudnya apa dibangun gardu pandang yg “ndelik” kayak gini, tp kata warga sekitar daerah bukit nganjir ini adalah milik abayagiri dan nantinya akan dibangun semacam restoran atau apalah untuk menikmati sunrise. tp baru terealisasi gardu pandangnya aja..hehe

DSC_0147

DSC_0131

Setelah puas menikmati pemandangan dan karena matahari mulai meninggi akhirnya kita putuskan untuk kembali pulang.

nah perjalanan pulang menuju parkiran motor tadi kita sempat tersesat. maksudnya sih cari jalan lain biar langsung sampai kebawah tanpa lewat bukit tadi lagi. tp apa daya jalan setapak yang membingungkan membuat kita salah jalan sampai kearah selatan..dan didalam hutan ini tidak ada orang sama sekali untuk ditanyai. berbekal feeling kita akhirnya blasakan lagi dan sampai menemukan titik terang jalan yg kita lewati tadi..

lumayan panik lah hampir setengah jam muter2 hutan karena kesasar..hahha

tetap hati2 klo mau berkunjung ketempat yg masih jarang terjamah seperti ini. dan yang terpenting jaga selalu keasrian tempatnya..okeee

Selo dan dolanlah..

Salim dan tosss ✋✋✋

Iklan

8 responses to “Memandang Matahari Terbit di Bukit Nganjir, Sumberwatu Sambirejo, Prambanan

    • Yoi mas..mantap bgt pemandangane.
      Ya mudah2an saja.tp yg gak hbs pikir…kok bisa bukit ini dibeli emang pemilik sebelumnya pemerintah ato personal juga ya..
      Wah malah gak tau candi miri aku mas.sebelah mana itu?

      Suka

  1. wah lokasi nya boleh itu mas, boleh info lebih details? syukur syukur pakai google map..heheheh…jalannya bisa dilewatin kendaraan roda 4? …aku lagi cari lokasi sunrise di sekitar sana …pernah juga sih coba sunset di resto abhayagiri cuma saja waktu itu mendung jadi kurang nendang viewnya. makasih mas.

    Suka

    • lokasi nya gak jauh dari abhayagiri kok mas.jd klo dah sampe pintu masuk abhayagiri itu ambil jalan cor yg disamping SD depan abhayagiri.udah diikutin aja jalannya itu.tanya aja bukit nganjir sama warga2 disitu klo bingung.hehe

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s