Menyusuri air terjun di Girimulyo, Kulonprogo

Kulonprogo, 5 April 2015

Berawal dari sebuah blog yang menceritakan keeksotisan air terjun di Kulonprogo, maka jiwa ini tergerak untuk ikut berpetualang juga..hahaha

air terjun yang akan kita telusuri ada di kawasan kecamatan girimulyo, Kulonprogo. kita memilih untuk menelusuri air terjun di Girimulyo ini karena cukup banyak air terjun yang berada di daerah ini. diantaranya Air Terjun Setawing, Air Terjun Grojogan Sewu, Air Terjun Sigembor, Air Terjun Mudal, Air Terjun Kembang Soka, Air Terjun Kedung Pedut. Tapi dikarenakan keterbatasan waktu kita hanya menemui 4 dari 6 air tejun tersebut. Air Terjun Mudal dan Air Terjun Kedung Pedut masih menjadi “PR” untuk perjalanan selanjutnya.

Oiya disini kita hanya menceritakan akses untuk menuju setiap air terjunnya aja ya..untuk detail foto” dan kondisi, kita bahas disetiap topik air terjunnya masing-masing..

wokkeee.. langsung aja kita mulai perjalanannya.cekidoott..

Perjalanan kita mulai dari pusat kota Jogja. dari Tugu Jogja kita ambil arah ke barat terus menuju Godean. berturut- turut wilayah yang akan kita lewati adalah : Tugu Jogja-Godean-Kenteng-Nanggulan-Girimulyo

Setelah memasuki wilayah Nanggulan sudah banyak papan nama yang menunjukan arah untuk menuju air terjun masing-masing. dan setelah melewati wilawah Nanggulan kita dibuat sedikit bingung di sebuah pertigaan dengan papan petunjuk yang mengarahkan Girimulyo/Wates belok kiri kemudian Waduk sermo belok kanan. jangan terkecoh dengan plang tersebut. walaupun tujuan kita Girimulyo tapi kita tetap ambil jalan yang belok kanan. karena tak jauh dari ditu kita akan menemukan pasar Jonggrangan. Nah di pasar ini sudah ada petunjuk untuk menuju air terjun yang pertama yaitu air terjun Setawing.

1. Air terjun/Curug Setawing

DSC_0133

Sebelum pasar Jonggrangan kita ambil belok kanan menuju Air terjun setawing ini. tinggal ikuti jalan karena papan petunjuk sudah tersedia. sekitar 5 menit dr jalan utama sampailah kita di parkiran air terjun Setawing ini. biaya retribusi masih seiklhasnya dan biaya parkir Rp 2000,- untuk sepeda motor. Setelah memarkirkan motor kita harus berjalan sejauh kurang lebih 500m untuk menuju air terjun. akses jalan kaki sudah mudah dan relatif datar tidak begitu menanjak. kawasan air terjun juga sudah dikelola sangat baik. terdapat fasilitas Toilet,Mushola,Gasebo,Taman,Dll. Air Terjun Setawing ini mempunyai ketinggian sekitar 45 meter. Cukup tinggi juga dengan debit air yang cukup banyak.

Info dan Foto-foto lengkap mengenai air terjun setawing bisa dicek kesini : Curug Setawing

2. Air Terjun Grojogan Sewu

DSC_0207

Setelah dari Curug Setawing perjalan dilanjutkan menuju air terjun Grojogan Sewu. Menuju keluar kembali kearah pasar Jonggrangan kemudian ambil kanan dan sekitar 100m ketemu pertigaan ambil kiri. dipertigaaan ini sudah ada petunjuk menuju air terjun Grojogan Sewu tersebut. sepanjang jalan ini setiap persimpangan sudah dibantu papan petunjuk jadi gak usah khawatir tersesat..haha. ikutan jalan tersebut kurang lebih 2 km dan sampailah di air terjun Grojogan Sewu

Info lengkap dan foto-fotonya monggo langsung kesini aja.. : Air terjun Grojogan Sewu

3. Air Terjun Sigembor

Sebenarnya kita gak berkunjung ke Air Terjun ini. tapi karena letak air terjun ini yg berada dipinggir jalan maka kita hanya menikmatinya diatas motor saja..hee

Setelah dari air terjun Grojogan sewu tadi kita keluar menuju arah jalan utama lagi. tapi jalan ini beda dengan jalan yg kita lalui pada saat menuju air terjun grojogan sewu tadi. sebetulnya sama aja ketemunya jalan utama tadi cuma kalo lewat jalan tadi mesti muter dulu kalo mau kearah air terjun si gembor ini. air terjun ini letaknya dipinggir jalan searah menuju air terjun- air terjun selanjutnya. tepatnya dikanan jalan..dan kayaknya belum dikelola secara baik. cuma ada papan nama air tejun Si gembor.

4. Air Terjun Kembang Soka

IMG_20150405_160830

Tak jauh dari air terjun Sigembor tadi kita akan menemukan papan petunjuk menuju air terjun Kembang soka. tinggal ikuti papan petunjuk tersebut kemudian masuk jalan kecil kekiri setelah turunan maka akan ketemu tempat parkir air terjun Kembang Soka ini.

Info dan Foto-foto lengkap Air terjun Kembang Soka bisa dilihat disini : Air Terjun Kembang Soka

Nah Air terjun Kembang Soka ini air terjun terakhir yang kami kunjungi.karena hari telah sore maka perjalanan dilanjutkan pulang kerumah masing-masing 😀

ini ada peta ala kadarnya sebagai referensi letak air terjun masing-masing tersebut, semoga bisa membantu..

peta

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s