Sepedaan Istimewa menuju Puncak Mbucu, Banyakan, Piyungan, Bantul

Bantul, 25 Januari 2015

Minggu pagi ini rencana gowes ke puncak mbucu akhirnya terlaksana. personil kita kali ini ada 3 orang. tp lanang kabeh..pfftt 😦 mbak” yg biasanya jadi model dan juru cerita kali ini harus tumbang, karena meriang. cepet sembuh ya kakak :D.

oke kita mulai. berangkat dari rumah jam setengah 6 pagi langsung menuju keselatan. rute yang kita lalui dari kotagede menuju pasar ngipik keselatan sampai per3an daerah mana gak tau namanya. 😀 pokoknya belok kiri arah ke SMP 3 Banguntapan. Lurus terus sampai jembatan kemudian ketemu per3an. dipertigaan ini ambil kiri. jalanan ini sebutulnya dah gak asing lagi, karena tiap gowes ngetan pasti lewat rute ini. oh iya jalan tembus nya per4an sampakan atau kidsfun.

Setelah pertigaan ambil kiri tadi lurus terus ikuti jalan ini kita akan ketemu pabrik dikanan jalan. biasa disebut pabrik wig. masih maju dikit lagi jalanan sedikit belok kiri dan melewati jembatan..eitss tp bukan lewat situ, ambil jalan yang belok kanan pas ada gapura desa pagergunung. masuk jalan itu dan dilanjutkan belok kanan pas per3an yg ada tugunya.

Nah petualangan kita mulai..jalan tinggal satu arah ini gak ada belok2 lagi. tapi tanjakan mantap sudah menanti..hampir sepanjang jalan aspalan ini gak ada bonusnya. pokoknya mantaplah..sampailah kita diujung jalan aspal ini.

Dan jreng-jreng..istilah jalan “kali asat” sudah menanti. gak memungkinkan sepeda kita naiki lewat jalan ini. makanya harus dituntun dan sekali-kali perlu dijunjung :D. karena hanya bebatuan yg ada, persis layaknya sungai yang sedang kering dilanda kemarau sepanjang tahun..hahaha

IMG_20150125_063209 IMG_20150125_063720

diperjalan ini juga disuguhi pohon tumbang, mau tak mau harus kerja bakti dulu. haduh… pokoknya ngepit kali ini perjuangan tenan. istilahnya jaman sekarang “My Pit My Adventure”. wkwkwk

FYI sebelumnya kita belum pernah kesini dan tau tempat ini jg dari klitih-klitih social media. jd cuma ngerti ancer-ancernya saja. dan sepanjang jalan tadi baru tanya sekali.. makane rodo bingung sitik..

Setelah berbagai medan kita lalui akhirnya ada harapan juga. ketemu jalan cor. loh kok ono motor barang…wah-wah perasaan gak enak. ternyata ada jalan lain yg lebih meyakinkan untuk ke puncak mbucu ini. tapi disini kita masih belum menemukan puncaknya. motor- motor yang ada disini milik para petani yg lagi berkebun. dan ditinggal begitu saja. jadi gak ada orang untuk sekedar bertanya dimana puncaknya?? hee

Masih bingung karena gak ada orang disekitar sini kita lanjutkan untuk turun kebawah yg sudah ada rumah penduduknya. dan ketemulah seorang bapak-bapak yang sedang benerin sepeda. ditunjukinlah jalan menuju puncaknya, ternyata oh ternyata kita harus tuntun lagi sepeda ini karena jalan yg kita lalui merupakan “galengan” atau pembatas sawah dan jalan setapak yang biasa dilalui petani untuk kesawah..duh hiyungg

pada akhirnya setelah perjalan total hampir 2 jam inilah tujuan kita… PUNCAK MBUCU BANYAKAN

IMG_20150125_071909 IMG_20150125_072946 IMG_20150125_075419

IMG-20150125-WA0001

Puncak mbucu ini menghadap kesisi sebelah barat. jadi kalo susetan pasti well tenan pemandangane..cuaca pagi itu juga kurang mendukung, langit yg mendung membuat view nya kurang wah.. harusnya gagahnya merapi dapat dilihat jelas juga disini. untuknya tempatnya sudah sering disinggahi juga kayaknya. karena banyak bekas bakar-bakaran disekitar tempat ini.

Nah yg bikin wah lagi ternyata nemu belalang warna warni disini, menandakan daerah ini masih sangat asri..karena belalang ini kayaknya cm ditemukan ditempat yg masih jarang dijamah. sayang walange iseh cilik-cilik, dadi wulune durung ono..haha

IMG_20150125_075212 IMG_20150125_075316

Yah… itulah sepenggal perjalanan kita menuju Puncak Mbucu. smg dapat memberikan referensi tempat untuk sejenak melepaskan penat dalam pikiran..hee

Selo dan pikniklah ! salim dan toss ✋✋

NB : untuk jalur pulang kita lewat jalan yg sudah dicor tadi..kita ikuti terus sampai turun ternyata tembusnya jalan arah menuju air terjun tuondo. dan jalanannya lebih manusiawi..haha. buat yg mau kesini mendingan lewat jalur ini. rute nya sama dengan yg ada dipost Air Terjun Tuondo tinggal ikuti jalan aspal yg nanjak keatas aja.

6 responses to “Sepedaan Istimewa menuju Puncak Mbucu, Banyakan, Piyungan, Bantul